Monday 24 April 2017

15 Rekomendasi Anime Genre Misteri yang Bikin Kamu Penasaran

15 Rekomendasi Anime Genre Misteri yang Bikin Kamu Penasaran - Genre anime yang satu ini jarang sekali ada yang membahasnya, saya bilang begitu karena pengalaman saya ingin mencari rekomendasi anime dengan kata kunci "rekomendasi anime ber-genre misteri" di mesin pencari google. Entah karena apa genre ini jarang sekali dibahas. Padahal ketika kita membahas genre yang satu ini pastinya kalian akan ketagihan buat mencari setiap detail misteri yang ada di setiap anime yang ditonton.

Misteri dalam anime adalah genre yang membahas sesuatu yang ganjil, entah itu misteri kematian, misteri dunia, maupun misteri kehidupan yang tidak ada habisnya. Karena itu semua genre misteri memiliki keseruan-keseruan tersendiri dibandingkan dengan genre-genre anime yang lain.

Berdasarkan semua anime yang saya tonton maka saya akan memberikan 15 Rekomendasi Anime Genre Misteri yang Bikin Kamu Penasaran. List ini adalah pendapat saya sendiri, jadi mungkin saja anda berbeda pendapat, untuk mengutarakan pendapat, kalian boleh berpendapat di kolom komentar yang disediakan. Dan inilah animenya... Selamat membaca....

1. Bakemonogatari
( Bakemonogatari Cover )
Berfokus pada cerita seorang siswa tahun ketiga sekolah menengah atas, Araragi Koyomi yang hampir mati setelah diserang oleh vampir. Ia tidak jadi mati karena dibantu oleh seorang pria aneh berpakaian baju hawai serta celana pendeknya yang tinggal sementara disebuah bangunan yang tidak diselesaikan pembangunannya. 

Meskipun diselamatkan atau dibantu oleh Meme Oshino, si Araragi Koyomi tidak bisa menjadi manusia sepenuhnya.Cerita misteri ini diawali ketika si tokoh utama menangkap temans ekelasnya ,Hitagi Senjougahara yang jatuh dari ketinggian , anehnya dia tidak memiliki berat sama sekali, seperti menangkap angin :v.

2. Hyouka
( Hyouka Cover )
Oreki Hotarou, siswa kelas dua SMA yang memiliki punya sifat malas, dan pendiam. Meskipun malas dan pendiam ia memiliki kemampuan memecahkan setiap keganjilan-keganjilan yang ada di sekitarnya. Bersama 3 temanya, ia membongkar misteri-misteri yang belum terpecahkan.

Anime ini memiliki kisah yang ringan dengan penyampaian setiap pemecahan masalah yang sangat cerdas hingga dapat mudah dipahami oleh para penonton. Dan juga didalam anime ini juga ditambahkan pula kisah percintaan ringan yang membuat penonton tidak akan merasa bosan.

3. Occultic;Nine
( Occultic;Nine Cover )
Occultic; Nine adalah serial anime yang baru saya selesaikan menontonya beberapa hari yang lalu. Inti dari ceritanya sebagian besar dituangkan kedalam dialog yang tergolong panjang, jadi jika kalian ingin menonton anime ini saya sarankan untuk melakukanya ditempat yang sepi guna membantu kalian untuk memahami setiap cerita yang disampaikan melalui dialog antar-tokoh. Tokoh utama dalam anime Occultic; Nine ini adalah remaja bernama Yuuta Gamon yang merupakan admin dari blog terkenal yang membahas hal-hal gaib. Dia adalah salah satu orang yang dijadikan kelinci percobaan oleh sebuah organisasi keagamaan dengan menanamkan obat scandium kedalam tubuhnya agar dapat hidup abadi di alam roh dan menjadi hantu yang terlihat. Penasaran seperti apa kelanjutanya?  Silahkan tonton sendiri animenya.

4. Steins;Gate
( Steins;Gate )
Bercerita tentang perjuangan seorang ilmuwan yang dianggap oleh masyarakat gila, Okabe Rintarou dengan seorang wanita cerdas bernama Makise Kurisu dalam menyempurnakan alat mesin pengembali waktu yang secara tidak sengaja ditemukan oleh Okabe Rintarou saat sedang mengirim sebuah pesan singkat kepada teman lewat ponselnya. Setelah kejadian yang cukup membingungkan tersebut  Okabe terus melakukan percobaan hingga dapat berkembang menjadi mesin pengembali waktu.Namun keganjilan mulai terjadi ketika hanya ia saja yang mengingat semua apa yang telahterjadi. Dan untukmenyelamatkananggotatimnya, iabolak-balik memakai mesin waktu hingga sesuatu terjadi( jangan banyak-banyak nanti takutnya jadi spoiler ). Anime ini sangat menguras pemahaman penonton karena bahasa-bahasa yang digunakan cukup berat dicerna oleh orang awam.

5. Death Note
( Death Note Cover )
Anime ini bermula ketika seorang anak SMA yang cerdas dalam akademik maupun non-akademik yang bernama Light Yagami menemukan "Death Note", death note ini berbentuk buku yang sengaja dijatuhkan oleh salah satu shinigami yang bernama Ryuk. Di sampul buku itu tertulis jika menulis nama asli seseorang kedalam buku tersebut, maka dalam 40 detik dia akan mati. Yagami penasaran dengan buku tersebut lalu ketika sampai di rumah ia langsung mencoba menuliskan salah satu penjahat yang dilihatnya di tv kala itu. Dan benar saja, sesaat setelah Yagami menuliskan nama penjahat ke Death Note, penjahat itu mati dan disiarkan di TV. Karena kejadian itu, Yagami mulai menghukum orang-orang jahat dan berniat menjadi tuhan. Namun kepolisian jepang tidak tinggal diam, mereka menurunkan detektif misterius bernama L ,tentu saja nama L adalah nama samaran. Dan terjadilah duel antara Detektif Misterius melawan Manusia Pencabut Nyawa.

6. Gosick
( Gosick Cover )
Anime Gosick berkisah tentang anak bernama Kojou Kazuya yang merupakan satu-satunya murid sekolah St. Margueritta Academy yang berasal dari benua asia. Karena ia mempunyai rambut berwarna hitam, tidak seperti murid lainya yang kebanyakan berasal dari benua eropa maka ia dijuluki Kuro Shinigami ( Malaikat Maut Hitam ) karena julukan itu lah ia tidak punya teman. Ia sering menghabiskan waktunya di perpustakaan yang sangat besar milik sekolah. Karena penasaran dengan apa yang ada di lantai tertinggi perpustakaan maka ia mencoba untuk naik ke lantai tertinggi perpustakaan itu. Alangkah terkejutnya ia mendapati seorang gadis cantik berambut pirang yang bernama Victorique. Dan saat itulah perjalanan memecahkan berbagai misteri mereka dimulai.

NB : Anime ini juga memuat genre romance, jadi anime ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan genre misteri,romance.

7. Danganronpa : The Animation
( Danganronpa )
Menceritakan tentang murid-murid sekolah bernama Kibou no Gakuen to Zetsubou. Semua murid yang diterima disekolah tersebut memiliki bakat-bakat yang berbeda -beda dan unik. Dimulai ketika tokoh utama anime ini, Makoto Naegi dan teman temannya yang senang karena berhasil masuk ke sekolah tersebut. Namun kegembiraan mereka sirna ketika boneka beruang aneh yang bisa bicara, Monokuma datang dan memaksa mereka mengikuti permainan yang dibuatnya. Itu adalah permainan yang bertujuan supaya mereka saling tuduh-menuduh dan saling bunuh-membunuh, sampai akhirnya mereka punya pemikiran "membunuh atau dibunuh".

8. Death Parade
( Death Parade )
Death Parade berkisah tentang sebuah bar yang bernama Quindecim. Bar ini berfungsi untuk memilih manusia yang sudah mati mana yang akan direnkarnasi dan mana yang akan dibuang ke ruang hampa. Intinya dalam anime ini tidak ada yang namanya surga atau neraka tetapi hanya ada renkarnasi dan alam hampa. Untuk penilaian, mereka memanggil 2 manusia yang sudah mati lalu di paksa untuk bermain sebuah game yang akan membimbing mereka kedalam ruang hampa atau renkarnasi.

9. Ghost Hunt
( Ghost Hunt )
Saat Mai bersama teman teman sekelasnya sedang membahas tentang hantu, muncullah seorang pemuda tampan yang bernama Shibuya Kazuya yang ternyata merupakan seorang peneliti hal hal gaib dan poltergeist dari perusahaan Shibuya Psycic Research miliknya. Dia dipanggil ke sekolah untuk menyelidiki hal hal aneh yang ada di bangunan sekolah oleh kepala sekolah. Keesokan harinya , Mai secara tidak sengaja memecahkan salah satu kamera milik Shibuya. Karena ia tidak memiliki uang untuk mengganti kamera tersebut, maka dengan terpaksa Mai membantu Shibuya dalam memecahkan misteri misteri yang menyelimuti sekolahnya. Dan dimulailah perjalanan seperti halnya paranormal activity yang haus akan hal hal gaib.

10. Detektif Conan
( Detektif Conan Cover )
Siapa yang tidak kenal dengan anime yang satu ini. Anime yang sempat ditayangkan diaalah satu tv swasta indonesia ini adalah salah satu anime misteri terbaik. Cerita dimulai ketika Kudo Shinichi, seorang detektif muda ( Masih SMA ) yang sangat berbakat, ia sangatlah lihai dalam memecahkan berbagai misteri pembunuhan dan ia juga sangat terkenal. Karena saking lihainya dalam memecahkan berbagai kasus pembunuhan, sampai-sampai ia dibenci oleh seorang penjahat. Ketika ia sedang mengawasi kasus pemerasan ia diberi minum racun yang membuat tubuhnya menyusut. Meskipun tubuhnya menyusut, namun kecerdasanya dan ingatanya masih utuh. Untuk menyamarkan identitasnya ia merubah nama menjadi Edogawa Conan. Karena tubuhnya menyusut ia bersekolah di SD dan membentuk detektif cilik bersama teman-teman sekelasnya. Dan hingga sekarang ia masih mencari orang yang membuatnya menyusut bersama teman-temannya dan seorang detektif swasta.

11. Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru
Sakurako-san no Ashimoto ni wa
Shitai ga Umatteiru )
Anime ini berkisah tentang seorang wanita yang terlalu terobsesi dengan tulang-belulang manusia. Obsesinya dimulai ketika ia mempelajari struktur tulang manusia ketika ia duduk di bangku sekolah menengah atas. Lalu saat ini karena obsesinya terhadap tulang-belulang yang sangat besar sampai-sampai ia memajangnya di meja atau lemari di rumahnya. Memang sangat aneh ketika seorang wanita cantik yang ternyata terobsesi dengan tulang. Namun karena obsesinya inilah ia dapat mengidentifikasi mayat hanya dengan melihat tulangnya tanpa melakukan autopsi terlebih dahulu. Dengan bersama anak bernama Shoutarou Tatewaki, ia memecahkan kasus-kasus kematian seseorang yang bahkan tidak bisa diselesaikan oleh polisi sekalipun. Untuk mengerti cerita kelanjutannya, kenapa anda tidak menonton sendiri animenya??:v

12. Another
( Another Cover )
Anime ini banyak mengandung scene berdarah, untuk kalian yang tidak suka scene berdarah-darah saya sarankan untuk tidak menonton versi BD nya.
Anime ini berkisah sebuah kutukan pada suatu kelas yang dimulai dari 26 tahun yang lalu, ketika seorang anak perempuan bernama Misaki, dia cantik, pintar, dan populer dikalangan laki-laki dan perempuan ini meninggal secara misterius. Karena tidak terima Misaki meninggal, mereka satu kelas menganggap Misaki masih hidup dan ia selalu duduk dibangku pojok kelas, tapi mereka sadar bahwa Misaki sudah meninggal ketika mereka wisuda. Karena kejadian itu, kelas itu mendapat sebuah kutukan mengerikan. Setiap ada murid pindahan pasti ada murid yang mati, dan setiap murid yang mati pasti digantikan murid pindahan. Dan di kelas itu mereka memiliki jumlah murid lebih banyak dari bangku di kelas, namun mereka tidak pernah kekurangan bangku. Gimana penasaran kan dengan animenya?? Tonton aja sekarang!

13. Rokka no Yuusha
( Rokka no Yuusha )
Dilihat dari namanya pun sudah kelhatan inti ceritanya, Rokka dari kata Roku yang berarti enam dan Yuusha yang berarti pahlawan. Seperti judulnya anime ini menceritakan enam pahlawan yang terpilih  diberi kekuatan untuk menghabisi raja iblis. Mereka tidak saling mengenal satu sama lain, namun mereka harus bekerja sama untuk mengalahkan raja iblis. Ketika mereka berkumpul, ternyata ada tujuh orang pahlawan, dari sinilah cerita itu mulai membingungkan, mereka harus menemukan siapa pahlawan yang asli dan mana yang palsu, lalu apakah yang palsu itu raja iblis? Atau apakah yang satu itu merupakan yang mengutus mereka? Tonton sendiri animenya….

14. Tokyo Ghoul
( Tokyo Ghoul Cover )
Sebenarnya tidak ada unsur pemecahan misteri seperti anime-anime diatas, namun dari myanimelist anime Tokyo Ghoul memiliki label misteri, nah ini yang disebut misteri dalam misteri. Tapi anime tidak kalah keren dengan anime-anime diatas.
Anime ini berkisah tentang anak bernama Kaneki Ken, yang merupakan manusia biasa. Namun ketika ia mendapat musibah dan salah satu organnya hancur, maka oleh seorang dokter ia mendapat transplantasi organ dari Ghoul. Karena organ itulah ia berubah menjadi Manusia setengah Ghoul. 

15. Mirai Nikki
( Mirai Nikki Cover )
Yukiteru Amano, murid sekolah menengah pertama yang kesepian karena tidak punya teman yang diajak bicara. Karena kesepian itulah ia selalu menulis setiap apa yang dilakukannya seharian di ponselnya. Hidupnya mulai berubah ketika ponselnya dapat menulis kejadian yang belum terjadi alias dapat meramalkan kejadian dalam rentang waktu kedepan. Namun itu adalah sebuah permulaan sebuah game yang dibuat oleh dewa penjaga waktu agar ke-12 orang yang mendapat kekuatan khusus seperti meramalkan masa depan itu saling bunuh-membunuh satu sama lain agar dapat memenangkan permainan dan bertahan hidup. Bagaimana kisahnya? Silahkan tonton sendiri animenya.

Dan itulah artikel 15 Rekomendasi Anime Genre Misteri yang Bikin Kamu Penasaran dari saya pribadi, jika ada yang mengganjal mohon disampaikan saja lewat komentar. Kemungkinan list Rekomendasi Anime Genre Misteri yang Bikin Kamu Penasaran ini masih akan berlanjut, so...Subscribe blog saya agar dapat pemberitahuan update an berikutnya. Terimakasih sudah membaca dan bye....

Load disqus comments

0 komentar